Blogger Widgets

Senin, 02 Maret 2015

Manfaat & Efek Negatif Kopi Bagi Kesehatan

Halo apa kabarnya kalian hari ini. Kali ini saya akan berbagi info tentang Manfaat & Efek Negatif Kopi Bagi Kesehatan , siapa yang engga kenal kopi?? Minuman ini sering kita jumpai di setiap harinya, dimana2 kopi .. di rumah ada kopi, di jalanan juga ada pedagang kopi, di langit ada kopi, di daratan ada kopi, dilautan juga ada kopi!! Kopi Everywhere ..o_o". Kopi juga banyak variasi rasa nya dan juga jenisnya.
Tapi sudah taukah anda apa manfaat kopi ?? dan juga apa ada efek negatifnya?? ya, jawabanya ada.

Berikut ini manfaat kopi bagi kesehatan, sebagai berikut:

 Menurut “Harvard women’s health” konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi resiko diabetes yang tipe 2, pembentukan batu ginjal, kangker usus besar, penyakit parkirson dan kerusakan fungsi hati, penyakit jantung serta  dapat menghambat penurunan daya cognitive otak.

  • Diabetes

ada 20 study yang dilakukan di seluruh dunia yang menunjukan bahwa kopi ini dapat mengurangki diabetes tipe 2 , hingga dapat turun sebesar 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik, klorogenik di dalam kopi berperan memperhambat penyerapan gula dalam percernaan. Asam klorogenik juga dapat merangsa pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormone yang mengatur penyerapan gula kedalam sel – sel. ) Zat lain dalam kopi yaitu: trigonelin ( provitamin B3 ) juga di duga membantuk memperlambat  penyrapan glukosa.
  • Kangker

Riset secara konsisten menunjukan bahwa kopi dapat mengurangi resiko kangker hati, kangker payudarah dan kangker usus besar.
  • Sirosis

Kopi  ini melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alcohol.
  • Parkinson

Para meminum kopi ini, memiliki resiko terkena Parkinson setengah lebih rendah di banding mereka yang tidak minum kopi ini.
  • Penyakit jantung dan stroke

Konsumsi kopi tidak  meningkat resiko jantung dan stroke.  Sebaliknya, justru dapat sedikit mengurangi nya resiko stroke.sebuah study kurang lebih dari 83.000 wanita berusia kurang lebih dari 24 tahun menunjukan mereka adalah yang meminum 2 – 3 cangkir kopi sehari dan memiliki resiko terkena stroke 19% lebih rendah di bandingkan mereka yang tidak minum kopi  dan study terhadap sejumlah peria di Finlandia menghasilkan hasil yang sama.
  • Fungsi kongnitif .

Study atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Prancis menunjukan bahwa meminum setidak nya 3 cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kongnitif otak akibat penuaan hingga kurang lebih 33% pada wanita. Namun,manfaat yang sama tidak di temukan pada pria hal ini mungkin karna wanita lebih peka terhadap kafein.

Efek negative kopi

Namun demikian, kopi juga memiliki efek negative , kafein juga sebagai kandunganutama pada kopi yang bersifat stimulan yang mencandu. Kafein mempengarihi system kardio vaskuler seperti meningkat nya detak jantung dan tekanan darah. Dapak negative itu apabila anda mengkonsumsi secara berlebihan.
Bagi kebanyakan orang, minum 2-3 cangkir kopi tidak memberikan dampak negative meminum kopi dengan frikuensi lebih dri itu bisa menimbulkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing, dan gangguan lainnya. Oleh karna itu, bagi mereka yang mengkonsumsin kopi agar tdak ngantuk misal nya karena kekurangan tidur malam yang di sarankan agar konsumsi nya di sebar sepanjang hari.
Riset mengenai hubungan konsumsi kopi dengan keguguran kandungan pada para wanita tidak memberikan kesimpulan seragam (kesimpulan yang sama ). Tetapi, untuk aman nya ibu hamil di saran kan tidak mengkonsumsi kopi lebih dari satu cangkir kopi sehari.

Demikian Ulasan Tentang 10 Manfaat Dan Efek Negatif Kopi Bagi Kesehatan..

Mudah-mudahan berguna bagi anda...

Selamat menjalankan aktifitas, jangan lupa minum kopi dulu hehe :D


 

0 komentar:

Posting Komentar